Rabu, 28 Januari 2015

Psikologi Manajemen # (minggu keempatbelas)



Komunikasi dalam manajemen
A.    Definisi Komunikasi
Sarah Trennom dan Arthur Jensen (dalam Wiryanto, 2004) komunikasi adalah suatu proses di mana sumber mentransmisikan pesan kepda penerima melalui beragam saluran. Hoveland (dalam Wiryanto, 2004) mendefinisikan komunikasi adalah proses di mana individu mentransmisikan stimulus untuk mengubah perilaku individu yang lain.
B.     Proses komunikasi
1.      Pengirim mempunyai ide dan berkeinginan untuk membaginya.
2.      Pengirim menyandikan ide dengan memutuskan bentuk pesan (tulisan, ekspresi wajah, isyarat gerak), panjang, organisasi, nada, dan tipe-yang semuanya tergantung pad aide, audiens, pembawaan diri maupun mood pengirim.
3.      Pengirim mengirimkan pesan dengan memilih jalur komunikasi (verbal atau nonverbal, bicara atau tertulis) dan media (telepon, surat,memo, e-mail, laporan, atau face to face) yang tergantung pada pesan, lokasi audiens, kebutuhan akan kecepatan diterima, dan formalitas yang dibutuhkan.
4.      Penerima mendapatkan pesan. Agar komunikasi terjadi, penerima harus mendapatkan pesan. Jika kita mengirimkan surat, penerima harus menerima suratnya terlebih dahulu dan lain sebagainya.
5.      Penerima menguraikan pesan, dengan memahami pesan yang disampaikan dan menyimpannya di pikirannya. Jika mereka telah memahami dengan benar pesan yang disampaikan, dengan arti yang sama sekali sesuai dengan yang dimaksud pengirim.
6.      Penerima memberikan feedback yang memungkinkan pengirim mengevaluasi efektivitas dari pesan (komunikasi yang telah dilakukan. Jika mereka belum mengerti, kita harus menjelaskan hingga mengerti). 
C.     Hambatan Komunikasi
Menurut Robbins (dalam Sukoco, 2007), ada empat hambatan komunikasi yang akan mempengaruhi kualitas komunikasi yang kita lakukan :
1.      Perbedaan bahasa dan persepsi
2.      Gangguan komunikasi
3.      Overload informasi
4.      Penyaringan yang tidak tepat

Sumber:
Sukoco, B. M. (2007). Manajemen administrasi perkantoran modern. Jakarta: erlangga.
Wiryanto. (2004). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: Grasindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar