Komunikasi dalam manajemen
A.
Komunikasi Interpersonal Efektif
Komunikasi interpersonal
adalah proses pertukaran informasi diantara seseorang dengan paling kurang
seorang lainnya atau biasanya di antara dua orang yang dapat langsung diketahui
balikannya. (Muhammad, 2005,p.158-159).
Komunikasi dapat di katakan efektif
apabila pesan diterima dan dimengerti sebagaimana di masut oleh pengirim
pesan,pesan di tindak lanjuti dengan sebuah perbuatan secara suka rela oleh
penerima pesan,dapat meningkatkan kualitas hubungan antar pribadi,dan tidak ada
hambatan untuk itu.
Lebih lanjut Devito memberikan
pendapatnya tentang pengertian komunikasi antar pribadi (Interpersonal Communication),
dan membedakannya berdasarkan 3 (tiga) hal, yaitu; definisi berdasarkan
komponen (Componential Definition), definisi berdasarkan hubungan (Relational
“Diadic” Definition), dan definisi berdasarkan hubungan (Developmental
Definition) .
1. Definisi berdasarkan komponen
(Componential Definition)
Definisi
bedasarkan komponen menjelaskan komunikasi antar pribadi dengan mengamati
komponen-komponen utamanya, yaitu penyampaian pesan oleh salah satu orang dan
penerimaan pesan oleh orang lain atau sekelompok kecil orang, dengan berbagai
dampaknya dan dengan peluang untuk memberikan umpan balik segera.
2. Definisi berdasarkan hubungan
(Relational ” Diadic” Definition)
Dalam
definisi ini komunikasi antar pribadi merupakan komunikasi yang berlangsung
antara dua orang yang mempunyai hubungan yang mantap dan jelas. Dengan definisi
ini hampir tidak mungkin ada komunikasi diadik (dua orang) yang bukan
komunikasi antar pribadi. Hampir tidak terhindarkan, selalu ada hubungan
tertentu antara dua orang yang saling berkomunikasi. Adakalanya definisi
hubungan diperluas sehingga mencakup juga sekelompok kecil orang, seperti
anggota keluarga atau kelompok-kelompok yang terdiri atas tiga atau empat
orang.
3. Definisi berdasarkan pengembangan
(Developmental Definition)
Dalam
ancangan pengembangan (developmental), komunikasi antar pribadi dilihat sebagai
akhir perkembangan dari komunikasi yang bersifat tak-pribadi (impersonal) pada
suatu ekstrim menjadi komunikasi pribadi atau intim pada ekstrim yang lain.
B.
Model Pengolahan Informasi
Model pengolahan informasi dibawah ini ada 4 yaitu:
1. Rational
2. Limited capacity
3. expert
4. cybernetic
C.
Model Interaktif Manajemen
1. Confidence
Dalam
manajemen timbulnya suatu interaksi karena adanya rasa nyaman. Kenyamanan
tersebut dapat membuat suatu organisasi bertahan lama dan menimbulkan suatu
kepercayaan dan pengertian.
2. Immediacy
Ini
adalah model organisasi yang membuat suatu organisasi tersebut menjadi segar
dan tidak membosankan
3. Interaction
management
Adanya
berbagai interaksi dalam manajemen seperti mendengarkan dan juga menjelaskan
kepada berbagai pihak yang bersangkutan
4.
Expressiveness
Mengembangkan
suatu komitmen dalam suatu organisasi dengan berbagai macam ekspresi perilaku.
5.
Other-orientation
SUMBER
:
- Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu, Edisi Pertama
- Anggota IKAPI. 1987. Komunikasi Mengena. Yogyakarta: Kanisius
- Citrobroto, Suhartin. 1989. Prinsip-prinsip dan Teknik Berkomunikasi. Jakarta: PT Citra Aditya Bakti
- http://ziezaahh.blogspot.com/2014/01/komunikasi-dalam-manajemen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar