Senin, 16 Maret 2015

Psikoterapi # (tugas 1)

Pengantar

A.    Pengertian Psikoterapi
Psikoterapi berasal dari kata “psyche” yang artinya jelas, yaitu “mind” atau sederhananya: jiwa dan “therapy” dari Bahasa Yunani yang berarti “merawat” atau “mengasuh”, sehingga psikoterapi dalam arti sempitnya adalah “perawatan terhadap aspek kejiwaan seseorang”. Dalam Oxford English Dictionary, perkataan “psychotherapeutic” yang diartikan sebagai perawatan terhadap suatu penyakit dengan mempergunakan teknik psikologis untuk melakukan intervensi psikis. Dengan demikian perawatan melalui teknik psikoterapi adalah perawatan yang secara umum mempergunakan intervensi psikis dengan pendekatan psikologik terhadap pasien yang mengalami gangguan psikis atau hambatan kepribadian.

B.     Tujuan Psikoterapi
Berikut ini akan diuaraikan mengenai tujuan dari psikoterapi secara khusus dari beberapa metode dan teknik psikoterapi yang banyak peminatnya dari dua tokoh yakni Ivey dan Corey (dalam Gunarsa, 2007).
Tujuan psikoterapi dengan pendekatan psikodinamik menurut Ivey (dalam Gunarsa, 2007) adalah membuat sesuatu yang tidak sadar menjadi sesuatu yang disadari. Rekonstruksi kepribadiannya dilakukan terhadap kejadian-kejadian yang sudah lewat dan menyusun sintesis yang baru dari konflis-konflik yang lama.
Tujuan psikoterapi dengan pendekatan psikoanalisis menurut Corey (dalam Gunarsa, 2007) dirumuskan sebagai membuat sesuatu yang tidak sadar menjadi sesuatu yang disadari. Membantu klien dalam menghidupkan kembali pengalaman-pengalaman yang sudah lewat dan bekerja melalui konflik-konflik yang ditekan melalui pemahaman intelektual.
Tujuan psikoterapi dengan pendekatan Rogerian terpusat pada pribadi, menurut Ivey (dalam Gunarsa, 2007) perilaku yang lebih bisa menyesuaikan.

C.     Unsur Psikoterapi
Unsur psikoterapi utamanya hanya ada 3 yaitu :
1.      Terapis : orang yang melakukan serangkaian terapi untuk membantu penyembuhan klien.
2.      Klien : seseorang atau sekelompok orang yang akan melakukan serangkaian terapi untuk penyembuhan.
Proses : proses pelaksaan terapi nya yang dilakukan terapis kepada klien jadi disini ada proses interaksi nya.

sumber:

Apa adanya. (2013). Tugas psikoterapi 1. (online) http://maleebints.blogspot.com/2013/03/tugas-psikoterapi-1.html. Diakses: 16 Maret 2015.
Gunarsa, S. (2007). Konseling dan psikoterapi. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar