Rabu, 10 Oktober 2012

TUGAS II Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perubahan Budaya



1. Perkembangan IPTEK
Pada zaman sekarang ini,perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah semakin canggih. Tidak dipungkiri bahwa,siapa sih yang tidak mengenal internet? Internet adalah salah satu wujud perkembangan teknologi yang sudah tidak asing lagi bagi semua kalangan. Kenapa saya katakana semua kalangan? Karena internet sekarang ini sudah sangat familiar mulai dari anak-anak,remaja,sampai dewasa.
Internet adalah wadah di mana semua informasi dapat diperoleh dengan mudah dan bahkan gratis. Perubahan budaya yang di timbulkan oleh adanya internet ini misalnya,zaman dulu anak-anak masih memainkan permainan tradisional seperti egrang,congkak,lompat tali,namun dengan adanya internet,anak-anak pada masa sekarang ini sudah jarang sekali yang memainkan permainan tradisional tersebut,mereka lebih tertarik untuk bermain game online,facebook,twitter. Dengan kata lain permainan tradisional semakin langka.


 2. Globalisasi
Globalisasi adalah suatu proses di mana manusia di dunia saling berinteraksi,bergantung,atau terkait satu sama lain baik antar individu maupun kelompok secara menyeluruh. Dengan interaksi ini,maka pastinya aka nada pertukarang budaya. Setidaknya aka nada budaya yang masuk dari luar negeri. Budaya asing tersebut tentu akan mempengaruhi budaya dalam negeri. Misalnya,cara berpakaian. Banyak anak muda sekarng ini yang meniru cara berpakaina dari Negara lain,misalnya Korea. Berpakaian ala orang korea atau lebih dikenal Korean style sudah lama menjadi trend di kalangan anak muda.
 Contoh lain misalkan dalam bidang musik. Musik-musik asing sekarang  ini lebih dikenal generasi penerus bangsa dibandingkan musik dalam negeri,seperti campur sari. Mungkin mereka berpendapat bahwa musik-musik dalam negeri seperti campur sari dalah musik yang kuno dan tidak menarik. Tapi,sebagai generasi penerus bangsa yang baik,kita harus benar-benar mencintai dan mengakui karya-karya dalam negeri. Kita juga harus bangga bahwa inilah warisan budaya dari leluhur kita yang harus dijaga dan pertahankan agar tidak diakui atau diambil oleh bangsa lain.

       3. Media Massa


Berbagai macam media massa yang sudah semakin berkembang juga termasuk faktor yang berpengaruh terhadap perubahan budaya. Misalnya koran,Koran adalah salah satu contoh media massa yang berbentuk tulisan. Seiring dengan berjalannya waktu,membaca Koran sudah menjadi budaya dikalangan masyarakat. Berbagai macam dan jenis Koran yang ada sekarang ini,dengan isi dan tampilan yang menarik,semakin meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk membaca. Bukan hanya Koran saja,tetapi media massa tertulis lainnya juga demikian. Kebiasaan membaca dewasa ini sudah menjadi buaday baru. Tentu kita sudah tidak asing dengan slogan “Mari kita budayakan membaca”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar