Minggu, 21 Oktober 2012

Ilmu Budaya Dasar tentang Cinta Kasih



             1.      Sebutkan cinta menurut Dr. Sarlito W Sarwono! Berikan contoh masing-masing dua contoh!
              Jawab :
Pengertian cinta menurut Dr. Sarlito W Sarwono,dikatakan bahwa cinta memiliki 3 unsur,yaitu :
·         Keterikatan
Keterikatan yaitu adanya adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia.
Contohnya:
ü  Hubungan saya dengan Alloh SWT,segala sesuatu yang saya lakukan di dunia ini hanyalah untuk dan karena Alloh SWT. Saya ingin Alloh SWT selalu menyertai disetiap langkah saya dikehidupan ini. Karena semua yang baik hanya dating dari Alloh SWT.

ü  Seorang ibu dengan anaknya (terutama masih balita). Anak tersebut masih sangat membutuhkan ibunya yaitu untuk memperoleh asi dan tentunya kasih sayang. Seorang ibu atau orang tua selalu memprioritaskan anak diprioritas utama dalam hidupnya setelah Alloh SWT.

·         Keintiman yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan  dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi. Panggilan-panggilan formal seperti bapak, ibu, saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan sayang.
Contohnya :
ü  Hubungan antara kakak dan adik. Diantara mereka biasanya sudah tidak ada lagi rasa kecanggungan satu sama lain. Saling lempar ejekan,sedih atau senang bersama adalah hal yang biasa diantara mereka.

ü  Hubungan seseorang dengan sahabat sejati. Diantara sahabat biasanya saling berbagi cerita,tawa,canda,sedih atau gembira.
·         Kemesraan yaitu adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang.
Contohnya :
ü  Orang tua yang jauh dengan anaknya. Mereka selalu merasa kangen dengan anak-anaknya,begitupun sebaliknya anak juga merasa demikian jika berjauhan dengan orang tua mereka. Rindu ingin mencium tangan kedua orang tua atau orang tua rindu ingin membelai anaknya.

ü  Hubungan kakak dengan adiknya juga bias termasuk dalam kemesraan. Kakak dan adik misalkan karena lama tidak bertemu jadinya kangen dengan suasana disaat mereka selalu bersama dulu.

2.      a). sebutkan nilai estetik keindahan! Berikan contoh minimal dua contoh!
Jawab :
Nilai estetik adalah nilai suatu benda yang menyebabkan menarik minat seseorang atau suatu golongan. Nilai ini digolongkan menjadi :
o   Nilai esktrinsik
Nilai ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya.
Contohnya :
ü  puisi, bentuk puisi yang terdiri dari bahasa, diksi, baris, sajak, irama, itu disebut nilai ekstrinsik

ü  cerpen,yang mempunyai unsur ekstrinsik yakni : latar belakang penciptaan,sejarah latar belakang pengarang,kondisi masyarakat,unsur psikologis (PSI).

o   Nilai intrinsik
Nilai intrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan, atau sebagai suatu tujuan, ataupun demi kepentingan benda itu sendiri. Contohnya :
ü  pesan puisi yang ingin disampaikan kepada pembaca melalui (alat benda) puisi itu disebut nilai intrinsik .

ü  pesan yang ingin disampaikan seseorang melalu cerpen karyanya.

b). jelaskan keserasian dalam keindahan! Berikan contoh!
Jawab :
Keserasian dalam keindahan adalah keseimbangan atau kecocokan dalam sebuah unsur keindahan.
Contohnya :
ü  Cagar alam,di sebuah cagar alam akan tercipta sebuah keserasian dalam keindahan,yakni keindahan alam yang asri,hewan-hewan yang tinggal didalamnya,serta manusia yang harus terus menjaganya.

ü  Dalam sebuah pagelaran drama musical,harus ada keserasian antara musik,isi cerita,dan kemahiran pemain memainkan perannya.




3.      Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari anda tentang penderitaan,sbab-sebabnya,dan pengaruh penderitaan di masyarakat dan keluarga!
Jawab :
Keluarga saya adalah keluarga yang sederhanayamg tinggal di Cilacap. Keluarga terdiri ata ayah,ibu,2 orang kakak,dan seorang adik. Ayah saya bekerja sebagai guru sekolah dasar yang ada didekat rumah saya,namun sekarang ini ayah saya sudah pension karena dia terkena penyakit stroke. Seharusnya 2 tahun lagi masa kerjanya berakhir tapi karena sakit,maka keluarga mengajukan pension dan disetujui oleh pemerintah daerah setempat.
Ayah saya mulai kurang sehat saat saya baru memasuki SMP karena penyakit darah tingginya sering kumat dan akhirnya terserang stroke saat saya masih duduk dibangku SMA. Sekarang ini ayah saya sudah tidak bias berjalan,kalaupun berjalan harus dibantu oleh orang lain.
Keadaan ayah saya saat ini tentu sangat berpengaruh bagi keluarga saya. Keadaan ini membuat ibu saya harus ikut bekerja untuk menyambung hidup. Walaupun masih ada dana pensiun dari pemerintah dan bantuan dari kakak-kakak saya tetapi ibu saya tetap bertani,ibu saya tidak mau hanya mengandalkan gaji pensiunan saja.



sumber :

http://ocw.gunadarma.ac.id/course/psychology/study-program-of-psychology-s1/ilmu-budaya-dasar/manusia-dan-cinta-kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar