Jumat, 24 Oktober 2014

Psikologi Manajemen# (minggu keempat)



1.       Definisi pengorganisasian
Pengorganisasian adalah proses untuk menata dan mengalokasikan pekerjaan dan sumber daya manusia serta pendistribusian wewenang, sehingga sasaran organisasi dapat dicapai (Sutedjo, 2003). Dalam melakukan pengorganisasian, perlu kiranya memperhatikan sasaran organisasi, karena sasaran yang berbeda akan memerlukan pengorganisasian yang berbeda pula.

2.       Definisi Struktur Organisasi
Agar suatu system kerja sama berjalan dengan baik, perlu jelaslah pembagian kerja, tugas, kewajiban, tanggungjawab, dan wewenang setiap orang di dalamnya. Pembagian kerja dan penentuan tanggungjawab atau wewenang itu menciptakan struktur organisasi. Dengan kata lain, struktur organisasi adalah susunan dan hubungan antara komponen atau bagian dalam suatu organisasi (Suparjati dkk, 2000).

3.       Pengorganisasian sebagai fungsi  dari manajemen
Hal-hal yang perlu diketahui dalam fungsi pengorganisasian adalah sebagai berikut;
a.       Adanya pendelegasian wewenang dari manajemen puncak kepada manajemen pelaksana.
b.      Adanya pembagian tugas yang jelas.
c.       Memiliki manajer puncak yang professional untuk mengkoordinasikan seluruh kegiatan.
(Alam, 2007)

Sumber:

S, alam. (2007). Ekonomi untuk SMA dan MA kelas XII. Jakarta: Esis.
Sutedjo, Budi., John Philio Simandjuntak & Andreas, dan Ari Sukoco. (2003). I-CRM 
             Membina Relasi dengan Pelanggan.com. Yogyakarta: Andi.
Suparjati. (2000). Tata usaha dan kearsipan. Yogyakarta: Kanisius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar