1.
Definisi pengorganisasian
Pengorganisasian
adalah proses untuk menata dan mengalokasikan pekerjaan dan sumber daya manusia
serta pendistribusian wewenang, sehingga sasaran organisasi dapat dicapai
(Sutedjo, 2003). Dalam melakukan pengorganisasian, perlu kiranya memperhatikan
sasaran organisasi, karena sasaran yang berbeda akan memerlukan
pengorganisasian yang berbeda pula.
2.
Definisi Struktur Organisasi
Agar
suatu system kerja sama berjalan dengan baik, perlu jelaslah pembagian kerja,
tugas, kewajiban, tanggungjawab, dan wewenang setiap orang di dalamnya. Pembagian
kerja dan penentuan tanggungjawab atau wewenang itu menciptakan struktur
organisasi. Dengan kata lain, struktur organisasi adalah susunan dan hubungan
antara komponen atau bagian dalam suatu organisasi (Suparjati dkk, 2000).
3.
Pengorganisasian sebagai fungsi dari manajemen
Hal-hal
yang perlu diketahui dalam fungsi pengorganisasian adalah sebagai berikut;
a.
Adanya pendelegasian wewenang dari manajemen
puncak kepada manajemen pelaksana.
b.
Adanya pembagian tugas yang jelas.
c.
Memiliki manajer puncak yang professional untuk
mengkoordinasikan seluruh kegiatan.
(Alam, 2007)
Sumber:
S, alam. (2007). Ekonomi untuk SMA dan MA kelas XII. Jakarta: Esis.
Sutedjo, Budi., John Philio Simandjuntak
& Andreas, dan Ari Sukoco. (2003). I-CRM
Membina Relasi dengan Pelanggan.com. Yogyakarta: Andi.
Membina Relasi dengan Pelanggan.com. Yogyakarta: Andi.
Suparjati. (2000). Tata usaha dan kearsipan. Yogyakarta: Kanisius.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar